Ihsan Ariswanto - blog pribadi

Suka Duka Menggunakan Chromebook Murah

Ini Acer Chromebook 11 (CB3-131), dapat beli murah di Tokopedia. Awalnya oleh para penjual dibanderol harga Rp1,6-an juta, dan waktu itu uang saya belum cukup. Sewaktu sudah menabung, saya dapat sudah di harga Rp1,8-an juta. Sekarang, tahun 2019 ini, banyak yang menjual dengan harga di atas Rp2 juta.

Sebenarnya ini produk lama, tahun 2016. Saya beli di tahun 2018. Entah bagaimana harganya malah semakin naik, mungkin karena banyak yang minat. Memang dengan harga segitu, sudah dapat laptop cantik, ringan, baterai super awet, tentu banyak yang suka.

Tapi tentu saja ada kelemahannya. Laptop ini memakai sistem operasi ChromeOS, jadi tidak bisa dipasangi aplikasi versi Windows, termasuk MS Office. Kemudian, karena berbasis ChromeOS, banyak fungsi laptop ini mengandalkan koneksi internet. Dibandingkan versi Chromebook lain yang lebih canggih, versi ini juga masih minim fitur, belum bisa dipasangi aplikasi berbasis Android. Chromebook lain yang lebih baru banyak yang sudah mendukung aplikasi Android.

Namun begitu, dengan sedikit dioprek, laptop ini bisa dipasangi sistem operasi lain, terutama yang berbasis GNU/Linux. Dengan begitu, aplikasi yang bisa berjalan offline di GNU/Linux bisa dijalankan di laptop ini. Untuk sistem operasi Windows, setahu saya sampai saat ini masih belum bisa dipasang di Chromebook, lagi pula saya tidak minat memasang Windows.

Saat ini, saya memakai metode crouton untuk memasang Ubuntu. Dari situ, saya bisa menjalankan LibreOffice dan aplikasi-aplikasi lain yang diperlukan untuk kerja.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

rss | micro.blog | twitter | fediverse