Ihsan Ariswanto - blog pribadi

Menyederhanakan Hidup

Ada banyak keinginan, proyek pribadi, cita-cita dan lain sebagainya yang masih ingin saya capai. Masalahnya, sekarang saya sudah terikat pekerjaan tetap. Saya juga menikah dan mempunyai anak. Tampaknya saya memang harus membuang banyak hal dalam hidup saya agar otak ini tidak terlalu banyak terbebani.

Mengurangi Barang-barang di Rumah

Banyaknya barang-barang di rumah membuat saya harus meluangkan waktu untuk menata barang-barang itu. Secara bertahap, saya akan menjual, mendonasikan, atau membuang barang-barang yang tidak terlalu penting. Pakaian-pakaian dan sepatu lama, dokumen-dokumen, buku-buku, sudah mulai saya kurangi. Akhir tahun nanti saya ingin tidak ada lagi barang-barang bertumpuk di atas kulkas.

Menghentikan Proyek-proyek Pribadi

Pernah ada masanya ketika saya ingin mempelajari segala hal: bahasa asing, pemrograman, bela diri, matematika, aksara kuna, SIG, elektronika, dan banyak lainnya. Untuk sementara ini, saya hentikan semuanya. Fokus bekerja dan mengurus keluarga. Nanti, saya akan pilih mana yang bisa dilanjutkan, satu persatu, tidak boleh bersamaan agar tidak membebani pikiran.

Mengurangi Gawai

Saya memakai banyak komputer, di kantor dan di rumah. Saya juga pernah memakai banyak ponsel. Ini membuat data-data saya kacau karena terpisah-pisah di banyak perangkat. Saya akan menggunkan hanya dua komputer saja, satu di rumah, dan satu di kantor. Penataan data-data akan saya lakukan bertahap.

Mengurangi Akun-akun di Internet

Nah ini, saya punya banyak sekali akun di berbagai situs. Saat ini, saya hanya memakai blog ini dan akun mastodon saja untuk menulis. Yang lain, sementara tidak akan saya sentuh.



Tinggalkan Balasan

rss | micro.blog | twitter | fediverse | lapak | tildeverse