Kredit Tanpa Angsuran

100 U.S. DOLLARS - MONEY - Free For Commercial Use - FFCU (26742846243)

Alkisah di kampung Kuat Kere, tersebutlah seorang kaya nan raya bernama Karto Sugiman. Pak Kar, begitu tetangga menyebutnya, punya sawah seluas empat kali lapangan sepak bola. Sapinya sepuluh ekor, tentunya lengkap dengan badan, kaki, dan kepala. Pokoknya tak seorang pun di kampung yang menandingi kekayaannya.

Dulu, Pak Kar dikenal sebagai orang yang pelitnya minta ampun. Jangankan membayar seperempat puluh hartanya untuk zakat, membayar jimpitan ronda saja dia ogah. Belakangan, sejak Pak Kar ikut Perguruan Spiritual dan Spiritus (Pspsp) asuhan Ki Joyo Sumrinthil, sifatnya berubah 178 derajat. Kini, bukan hanya bayar zakat, bahkan segenap ayam peliharaan warga kampung pun ikut disantuni.

Demi menambah amal jariyahnya, Pak Kar meluncurkan program yang menghebohkan warga. Nama programnya adalah KTA singkatan dari Kredit Tanpa Angsuran. Warga kampung yang perlu dana segar dapat mengajukan kredit untuk tujuan apapun: konsumtif, produktif, rekreatif, bahkan sekretif maupun prokreatif.

Demi mendengar acara peluncuran program tersebut, berbondong-bondong warga kampung mendatangi rumah Pak Kar. Tampak di antara mereka ada Mat Parman, yang berencana membuka warung wifi dengan kopi gratis, ada Hermanto Kanil yang berencana meminang Sariyah menjadi istri kedua, dan puluhan wajah-wajah lain berdesakan memenuhi halaman rumah Pak Kar.

“Saudara-saudariku warga Kuat Kere,” Pak Kar membuka sambutannya, “terima kasih telah datang di acara hari ini. Ini adalah hari yang akan mengubah wajah kampung kita. Hari ini segala makhluk di kampung akan berbahagia,” Pak Kar berapi-api disambut riuh tepuk tangan warga yang berair-air.

“Saudara-saudari semua boleh mengajukan kredit berapapun. Tanpa perlu mengangsur seumur hidup. Sekali lagi, tanpa perlu mengangsur seumur hidup,” ucap Pak Kar. Hadirin makin riuh rendah.

“Namun, perlu saudara-saudari ketahui. Untuk menjamin kepastian bahwa kredit ini jatuh ke tangan yang tepat, saya perlu menyeleksi siapa di antara Anda semua yang sungguh-sungguh menginginkan kredit.”

“Bagi yang benar-benar berminat dengan KTA ini saya harap mendaftar ke loket di samping kiri itu. Untuk biaya administrasi saudara akan dikenakan biaya satu juta seratus ribu rupiah.”

Hadirin mulai saling pandang.

“Sebelum dapat mengajukan kredit, bagi yang sudah mendaftar, Anda diwajibkan untuk mencari anggota lain minimal sebanyak tiga orang. Jika sudah mendapat anggota tiga orang, Anda berhak mendapat Kredit Tanpa Angsuran sebesar tiga juta rupiah. Setiap tambahan satu anggota yang mendaftar melalui Anda, Anda berhak mendapat tambahan kredit satu juta rupiah. Demikian seterusnya tanpa batas.”

Demikian Pak Kar mengakhiri sambutannya. Tampaknya hadirin sangat puas dengan penjelasan Pak Kar. Wajah mereka berseri-seri.

Dan sejak hari itu, warga Kuat Kere mulai merekrut anggota, mulai dari keluarga terdekat hingga ke kampung sebelah, saat seluruh warga Kuat Kere sudah menjadi anggota KTA.

Mata warga Kuat Kere berbinar menyambut masa depan penuh kemakmuran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *