Catatan Awal Musim untuk “Star Wars: Rebels” Season 2

RebelsStar Wars: Rebels season kedua dimulai dengan penayangan The Siege of Lothal bulan Juni lalu. Sekedar informasi, tayangan tersebut tidak dihitung sebagai episode pertama. Penomoran episode dimulai dengan The Lost Commander yang tayang Kamis (15/10) sebagai episode kesatu. Belum ada informasi berapa episode yang akan ditayangkan sampai akhir musim nanti.

Episode kedua, Relics of The Old Republic, sudah ditayangkan Kamis (22/10) lalu. Episode ini menjadi kelanjutan dari The Lost Commander. Keduanya adalah satu cerita yang dibagi menjadi dua episode. Dengan durasi tayang tiga puluh menit per-episode, sepertinya Rebels akan sering menyajikan cerita dengan cara dipotong seperti ini.

Dalam kedua episode tersebut dikisahkan, rebellion yang basisnya dihancurkan oleh Darth Vader di The Siege of Lothal kesulitan untuk mencari lokasi persembunyian baru. Ahsoka mengusulkan untuk menghubungi seorang komandan berpengalaman yang sudah pensiun. Tim Ghost (Kanan Jarrus, Hera, Sabine, Zeb, Ezra, dan Chopper) ditugaskan untuk mencari komandan tersebut di sebuah di sistem Seelos.

Tim Ghost berhasil menemukan komandan itu. Baru kemudian diketahui, komandan tersebut adalah Rex, Wolffe, dan Gregor dari batalion 501st yang dulu bertempur bersama Ahsoka di bawah pimpinan Anakin Skywalker.

Captain Rex

Masalah kepercayaan diangkat dalam kedua episode ini. Kanan tentu saja memendam memori pahit pengkhianatan tentara clone. Hampir seluruh Jedi terbunuh ketika tentara clone melaksanakan Order 66. Kanan sendiri beruntung bisa lolos dari pembantaian itu.

Pada serial sebelumya, Star Wars: The Clone Wars (2008-2013) _diceritakan mengenai _chip yang ditanamkan di kepala pasukan clone. Chip tersebut membuat tentara clone menuruti perintah Palpatine untuk melaksanakan Order 66. Rex, Wolffe, dan Gregor berhasil menghilangkan chip di kepala mereka, sehingga mereka tidak membunuh Ahsoka dan Anakin.

Sementara itu, Wolffe merasa ketakutan dengan kehadiran seorang Jedi yang dianggapnya akan membalas dendam. Wolffe melaporkan kedatangan Kanan dan kawan-kawannya kepada tentara Imperial. Kallus datang bersama pasukannya untuk menangkap mereka.

Pada episode kedua, Rex menunjukkan bahwa mereka masih setia sepenuhnya pada Jedi dan Republik lama. Bersama tim Ghost mereka bahu membahu memukul mundur pasukan Kallus. Kisah berakhir mengharukan saat tim Ghost berhasil membawa Rex bertemu Ahsoka.

Captain Rex bertemu Ahsoka

Ada banyak yang menarik di kedua episode ini. Di sini terungkap bahwa tentara clone sudah dipensiunkan semua. Mengingat pertumbuhan mereka yang dipercepat, pada usia tiga puluhan mereka sudah menjadi kakek-kakek seperti Rex. Entah bagaimana dengan bayi-bayi clone yang masih diproduksi saat clone wars masih berlangsung.

Para veteran clone punya kebanggan bahwa mereka bertempur lebih baik daripada Stormtroopers, tentara baru yang direkrut oleh Empire_._ Sudah menjadi guyonan umum di kalangan penggemar Star Wars tentang kemampuan stormtroopers. Episode kedua memasukkan guyonan tersebut ke dalam cerita.

Selain membangkitkan kenangan penonton pada era c_lone wars_, episode tersebut juga memperkenalkan karakter Inquisitor baru yang ditugasi untuk memburu Kanan, Ezra, dan Ahsoka. Inquisitor berada langsung di bawah komando Darth Vader. Dengan hadirnya Inquisitor ini, tampaknya Darth Vader tidak akan banyak muncul lagi sepanjang season kedua nanti.

The Inquisitor

Sayangnya, sampai di episode kedua ini, suasana Rebels masih sama seperti di season pertama. Mungkin karena anggaran yang tidak banyak, Rebels sering menggunakan latar tempat yang membosankan dan terlihat sepi. Seperti juga planet yang menjadi tempat tinggal Rex ini, berwujud gurun pasir tanpa ada penghuni lain. Sulit untuk tidak membandingkan dengan Star Wars: The Clone Wars yang selalu terkesan ramai.

Sejak The Siege of Lothal hingga episode kedua ini, perkembangan Ezra belum banyak ditampilkan. Sekali dua kali, Ezra memang tampak dipuji oleh beberapa tokoh, namun penonton belum melihat aksi besar yang dilakukan Ezra. Kehadiran Inquisitor baru tentunya akan memaksa Ezra mematangkan kemampuan bertempurnya untuk bertahan hidup.

Season kedua memang masih panjang. Banyak waktu untuk mengeksplorasi perkembangan tokoh-tokoh inti dalam tim Ghost. Untuk sementara waktu, Ahsoka perlu “disimpan” sampai nanti di tengah musim agar cerita bisa banyak berkembang pada tim Ghost. Hera, Sabine, dan Zeb jangan sampai hanya menjadi pelengkap saja.

Rebels

“Star Wars: Rebels” ditayangkan premier oleh Disney XD setiap Rabu pukul 21:30 waktu Pacific di Amerika Serikat (Kamis pukul 8.30 WIB di Indonesia).

Tayangan ulang bisa disaksikan tiap Sabtu pukul 7.30 WIB di Disney XD Indonesia dan pukul 11.00 WIB di Disney Channel Indonesia.